oleh

PTBA Gelar Pelatihan Pasca Panen untuk Petani

MUARA ENIM Rumah BUMN PT Bukit Asam menggelar pelatihan pengelolaan pasca panen dengan tema “pengelolahan hasil panen yang berkualitas” kepada Petani yang berada di desa Karya Mulyasari, Candipuro, Lampung Selatan, Senin (27/09/2021). Kegiatan ini di ikuti oleh 25 para UMK Binaan dari bidang pertanian.

Pelaksanaan kegiatan juga dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat seperti mewajibkan peserta memakai masker, mencuci tangan sebelum memasuki ruang kegiatan dan menjaga jarak duduk dengan peserta lainnya.


Pengelola Rumah BUMN Bandar Jaya Bukit Asam, Hesti Okta Seputri menerangkan bahwa kegiatan pelatihan ini diberikan kepada UMK Binaan agar memahami pentingnya mempertahankan kualitas padi sehingga dapat memberikan nilai tambah saat penjualan.

“Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pelaku UMKM yang ada di wilayah Candipuro. Dimana bertujuan agar memahami pentingnya meningkatkan kualitas padi sehingga akan berdampak pada nilai jual,”ujaranya, Senin (27/09/2021) pada awak media.

Arif selaku Assisten Manager Humas, Umum dan keuangan PT Bukit Asam Pelabuhan Tarahan menerangkan bahwa PTBA siap membantu UMKM dalam hal pembinaan dan pelatihan untuk pengembangan kemampuan mitra binaan.

“Hari ini kita datangkan langsung spesialis penyuluh pertanian dari GENPRO. Yang akan memberikan pemahaman pentingnya meningkatkan kualitas pada hasil panen seperti padi. Maka dari itu besar harapan kami kepada bapak dan ibu yang mengikuti pelatihan pada hari ini supaya bisa mengimplementasikan langsung terhadap hasil panennya,” ujar Arif.

Sementara itu narasumber kegiatan tersebut, Widodo Saputra, S.P menerangkan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas hasil panen (padi/gabah). Salah satu yang paling utama yaitu faktor penjemuran.

“Apabila penjemuran salah maka beras akan menjadi kuning dan menurunkan kualitasnya. Sehingga akan berdampak pula pada nilai jual,” tukasnya.(//)

 

Perum GEMA

Komentar