oleh

Berbagai Inovasi Diberikan ke Warga Binaan, Lapas Kelas IIB Muara Enim Diapresiasi Kakanwil

MUARA ENIM Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementrian Hukum dan HAM Sumatera Selatan Indro Purwono sangat mengapresiasi terhadap kemajuan Lapas Kelas II-B Muara Enim.

Hal tersebut terungkap, saat dirinya secara resmi meresmikan unit usaha penanaman Porang dan secara simbolis meresmikan gedung sarana Asimulasi Edukasi (SAE) Cafetaria, Cucian Mobil serta Arena olaraga ATV, Sabtu (31/7/2021) di Lapas Kelas ll B Muara Enim.


“Apa yang dilakukan oleh Lapas Kelas IIB Muara Enim ini, baru satu-satunya Inovasi yang ada di Lapas Provinsi Sumsel ini, dengan melakukan kerjasama bersama Perusda di Daerah melakukan kerjasama membudidayakan porang ini, dan saya selaku pimpinan Kawil Kemenkum Ham di Sumsel sangat mengapresiasi sekali inovasi ini,”ungkapnya pada awak media.

Selanjutnya, ia berharap kepada unit usaha dan SAE yang telah di resmikan tersebut kedepannya dapat di kembangkan lagi dan dapat lebih maju lagi sesuai dengan apa yang di harapkan bersama.

” Dengan program ini, saya berharap kepada warga binaan yang ada di Lapas Muara Enim setelah, dapat belajar membudiyakan porang ini sehingga ilmu yang di dapatkan dari sini dapat bermanfaat memiliki bekal ilmu setelah ia kembali di masyarakat nantinya,”harapnya.

Sementara itu Kalapas Kelas IIB Muara Enim Herdianto menjelaskan, peresmian unit usaha terpadu tersebut dibangun menggunakan dana dari Koprasi Lapas Muara Enim serta bekerja sama antara pihak Perusda Daerah di Muara Enim dalam penanaman budidaya porang bersama Lapas Muara Enim.

” Ya, kalau untuk unit usaha Cafetaria, Cucian Mobil serta Arena olaraga ATV kita buka untuk umum ya, yang mana ini unit usaha ini merupakan semata-mata bentuk etos kerja kami bersama dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dan selain itu juga, nantinya dapat memberikan bekal ilmu kepada warga binaan apabilah telah kembali ke masyarakat ,”ujarnya.

Dikesempatan yang sama Direktur Perusda Muara Enim Novriansyah Regan menjelaskan, pihaknya dalam hal ini Perusda Muara Enim melakukan kerja sama dengan Lapas Muara Enim lantaran memiliki persepsi visi dan misi yang sama.

Dimana, ia menilai dalam kerja sama tersebut nantinya berharap dapat bermanfaat bagi masyarakat luas dan pada khususnya warga binaan dalam memanfaatkan potensi lahan tidur menjadi lahan yang bermanfaat yang bernilai ekonomis kepada masyarakat maupun warga binaan Lapas setelah kembali kepada masyarakat.

“Dalam kerja sama yang kami lalukan terhadap penanaman budidaya Porang di areal lahan Lapas Muara Enim ini, karena kami juga ingin memberikan edukasi kepada masyarakat maupun warga binaan dalam penanaman Porang ini. Dimana tujuannya untuk menjadi bekal khususnya warga binaan saat kembali kepada kemasyarakatan dengan memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan yang bernilai ekonomis, dan kami berharap ini kedepanya dapat berhasil sesuai dengan yang di harapkan,”bebernya.

Dalam kegiatan tersebut hadir juga Kepala Lapas yang ada di Sumsel, Kadiv Lapas Sumsel, Kadiv Keimigrasian Sumsel , Kepala Imigrasi Muara Enim Made Nur Hepi Juniartha, Direktur Perusda Muara Enim serta para mitra Lapas Kelas II B Muara Enim dan tamu undangan lainnya dengan mematuhi protokol kesehatan ketat. (Derri)

Perum GEMA

Komentar