oleh

Sedekah Dusun Selou, Adat Istiadat desa Tanjung Baru Tak Terlupakan, Sertu Riyanto Harapkan Terus Terjaga

MUARA ENIM Babinsa Koramil 404-05 Tanjung Enim Sertu Riyanto hadiri sedekah dusun Selou padi di desa Tanjung Baru, kecamatan Panang Enim, kabupaten Muara Enim, Kamis (25/3/2021).

Danramil 404-05 Tanjung Enim Kapten Inf Fiber Irwanda melalui Babinsa Sertu Riyanto mengatakan, sedekah dusun Selou padi merupakan salah satu kebiasaan ke arifan lokal daerah khususnya di kecamatan Panan Enim yang patut di lestarikan dan di jaga.


” Saya selaku Babinsa, desa Tanjung Baru ini, mengapresiasi dan mendukung dengan adanya kegiatan sedekah dusun seperti ini. Maka itu kami berharap
kearifan lokal milik desa Tanjung Baru ini dapt terus di lestarikan, “ungkapnya.

Sementara itu, Kepala desa Tanjung Baru Umi Kalsum Sos mengatakan kegiatan sedekah dusun seperti ini hanya adanya di desa Tanjung Baru ini yang masih terjaga serta dilestarikan.

“Sedekah Selou padi tersebut merupakan sala satu sedekah adat di kita ini di setiap tahun yang dilakukan oleh kita, sebagai salah satu ucapan rasa syukur kepada Allah SWT karena hasil pertanian di desa kita meningkatkan setiap tahunnya,” urainya.

Selanjutnya ia mengatakan sedekah dusun ini telah ada Perdesnya.

” Sedekah Selou padi ini sudah kita atur dalam Perdes, jadi untuk setiap tahun, desa Tanjung Baru akan selalu melaksanakan kegiatan sedekah dusun Selou pada ini,”tegasnya.

Terakhir Umi Kalsum menyampaikan rasa syukurnya atas peningkatan hasil pertanian yang ada di desanya.

“Dalam tahun ini, ya Alhamdulillah selalu meningkatkan hasil panen kami, dan kami berharap mudah mudahan di tahun yang akan datang akan lebih meningkat kembali,” pungkasnya.


Komentar