oleh

Siberkreasi Muara Enim Gelar Webinar Peluang dan Tantangan Bisnis di Era Digital

MUARA ENIM Gelaran webinar literasi digital kembali digelar di Muara Enim. Webinar yang dimotori oleh Dirjen Aplikasi dan Informatika (Aptika) Kementerian Kominfo ini mengangkat tema ‘Peluang dan Tantangan Bisnis di Era Digital’, Senin (28/6/2021).

Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah terkait literasi digital. Dirinya mengungkap, hasil survei literasi digital yang dilakukan pihaknya bersama Siberkreasi dan Katadata pada 2020 menunjukkan bahwa indeks literasi digital Indonesia masih pada angka 3,47 dari skala 1 hingga 4.


Hal itu, katanya, menunjukkan indeks literasi digital kita masih di bawah tingkatan baik. “Dalam konteks inilah webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI ini menjadi agenda yang amat strategis dan krusial, dalam membekali seluruh masyarakat Indonesia beraktifitas di ranah digital,” ujarnya.

Webinar itu menghadirkan empat narasumber yang berkompeten, yakni Ridha Rizki Novanda Dosen Departement Sosial Ekonomi Pertanian, Nurima Fasilitator Gapura Digital & CEO Bengkel Start Up, kemudian Surdin Kepala Dinas UMKM Muara Enim dan Marutha Kristian Dosen dan Direktur GenZ Preanur’s.

Acara ini dipandu oleh moderator Ayu Irti Baitul Qolbi dengan Key Opinion Leader Gina Bastiana selebgram pemilik akun @ghinabastiana yang aktif sebagai dosen dan water color illustrator.

Pada kegiatan webinar itu, narasumber pertama yakni Ridha Rizki Novanda memperkenalkan berbagai marketplace yang bisa digunakan sebagai peluang bisnis di era digital. Menurutnya, model bisnis saat ini tidak perlu memiliki modal yang banyak, karena beberapa marketplace menawarkan fungsi dropship.

Narasumber kedua yakni Nurina membahas mengenai keamanan transaksi online dan memperkenalkan berbagai macam metode pembayaran yang biasa digunakan dalam transaksi belanja online. Dirinya pun memberikan beberapa tips untuk menjaga keamanan transaksi secara online.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UKM Muara Enim Surdin membahas mengenai pemberdayaan UMKM selama masa pandemi. Dirinya juga memaparkan beberapa peluang dan tantangan yang harus dihadapi UMKM selama pandemi Covid-19.

Narasumber keempat yakni Marutha Kristian memaparkan seluk beluk usaha di dunia digital. Dirinya juga menjelaskan bagaimana strategi marketing yang bisa digunakan untuk memasarkan produk secara daring.

Dalam kesempatan yang sama Ghina Bastian selaku Key Opinion Leader mengungkapkan, keberadaan media sosial menjadi suatu target pasar bagi dunia bisnis. Dikatakannya, banyak perusahaan telah berhasil memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk menjual dan mempromosikan produk mereka.

Untuk diketahui, kegiatan webinar ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan literasi digital di Kabupaten Muara Enim. Hingga akhir November 2021 nanti, ada 35 lagi rangkaian webinar dengan berbagai topik akan diselenggarakan di Kabupaten Muara Enim.

Kegiatan massif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif-nya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.(release)


Komentar