oleh

Rumah BUMN PTBA Bekali UMKM Ilmu Manajemen Usaha

MUARA ENIM Rumah BUMN PT Bukit Asam mengadakan pelatihan Manajemen Usaha dengan tema “How to fix your bussines problem” kepada para pelaku Usaha UMKM yang berada di Sekitar Muara Enim dan Tanjung Enim.

Kegiatan ini diikuti oleh 25 para UMK Binaan Rumah BUMN Bukit Asam dengan melaksanakan Protokol Kesehatan yang Ketat (Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan menjaga Jarak).


Koordinator Rumah BUMN Bukit Asam, Erizaldi Ahmad Saputra menerangkan, bahwa kegiatan pelatihan ini diberikan kepada UMK binaan dimaksudkan agar para UMK Binaan bisa menganalisa apa kendala bisnisnya, sehingga pertumbuhannya tidak stagnan. “Kemudian menemukan solusi paling tepat untuk mengatasi masalah yang dihadapi,” ungkapnya.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Mustafa Kamal, S.T., M.M selaku Asisten Manajer Perencanaan, Haris Santoso, A.Md, dan Mega Aryana, S.TP selaku Pengelola Rumah BUMN Bukit Asam Muara Enim, serta Marutha Kristian SEI selaku narasumber.

Mustofa dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bentuk kepedulian PTBA untuk mendorong usaha UMKM menjadi tangguh dan mandiri.

Tangguh artinya bisa survive di tengah kondisi pandemi hari ini dan mandiri tentu saja secara profesional bisa mengembangkan usahanya. “Harapan kami usaha bapak/ibu yang kian maju akhirnya bisa membuka lapangan pekerjaan bagi tetangga sekitar usaha,” harap Mustofa.

Sementara itu, narasumber kegiatan, Marutha Kristian, SEI mempresentasikan bahwa mengenali masalah adalah langkah utama untuk menjawab permasalahan bisnis. Karena itu seluruh peserta diminta mengisi survey kendala bisnis kemudian membedahnya menggunakan Bisnis Model Canvas.

Kemudian, peserta diajarkan untuk memprofiling segmentasi pasar, sehingga mengerti bagaiman proses mengemas cara jualan atau merebranding produk sehingga bisa diterima secara lebih efektif oleh para market utamanya. Dengan cara sederhana ini, UMK bisa naik kelas.

“Kami sangat berterima kasih kepada PTBA dan Genz Preneurs atas terselenggaranya kegiatan ini. Karena kami akhirnya paham pentingnya memiliki perencanaan dalam bisnis bagi usaha kami. Kami sangat mengharapkan kegiatan seperti ini untuk sering diadakan terutama dalam bidang pelatihan keahlian lainnya,” ujar Vivi, Ketua Kelompok UMK Kita Bisa Scale up.

Perum GEMA

Komentar