oleh

PS MASTER Program CSR Pertamina Limau Field Raih Penghargaan PR Indonesia Awards 2021

PRABUMULIH – PS MASTER atau Pelestarian Spesies Macan Dahan Sumatera yang merupakan salah satu program unggulan CSR Limau Field meraing penghargaan silver winner pada ajang kompetisi Public Relation Indonesia Awards (PRIA) 2021 sub kategori community based development yang ditayangkan melalui kanal youtube PR Indonesia Awards pada Rabu (31/03).

Hal ini menjadi bukti bahwa Program PS MASTER berhasil mencuri perhatian para juri, yaitu Sam August Himawan Direktur MajalahCSR.id, Salman Noersiwan Bachtiar Pemimpin Redaksi MajalahCSR.id, dan Verlyana Hitipeuw CEO Kiroyan Partners pada presentasi yang telah dilakukan pada Kamis, 4 Maret 2021.


 

Melalui penempatan kamera trap, ditemukan 5 ekor macan dahan di wilayah SKW II Lahat SM Isau-Isau. Program PS Master diinisiasi karena adanya perburuan liar, baik perburuan macan dahan, hewan yang masuk ke dalam rantai makanan macan dahan hingga hewan langka lainnya yang ada di kawasan hutan.

Selain perburuan liar, penebangan liar juga mengancam punahnya macan dahan yang menjadi icon dari program CSR Limau Field. Penebangan liar terjadi karena adanya pembukaan lahan untuk aktivitas perkebunan masyarakat di wilayah sekitar kawasan hutan. Sumatera Selatan sendiri menjadi salah satu wilayah langganan kejadian KARHUTLA, salah satu penyebabnya adalah pembukaan lahan untuk aktivitas perkebunan masyarakat. Selain menyebabkan KARHUTLA, pembukaan lahan ini juga menyebabkan wilayah jajahan macan dahan dalam mencari makanan menjadi berkurang.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan maupun sosial, Limau Field menginisiasi progam pemberdayaan masyarakat melalui budidaya buah durian dan kopi untuk menjadi alternatif masyarakat dalam memperoleh penghasilan dan tidak lagi melakukan perburuan maupun penebangan liar di kawasan hutan.
Pada kesempatan tersebut Limau Legal and Relation Assistant Manager Fredrick Roma melalui Limau CSR Staff Wawan Hendrawan menyatakan rasa syukurnya atas keberhasilan Program PS MASTER dalam kompetisi PRIA 2021.

“Saya bersyukur atas penghargaan yang telah diberikan kepada Limau Field, kami akan terus berupaya untuk berinovasi dalam menyejahterakan masyarakat di wilayah operasional kerja kami, kami berharap program yang kami jalanlkan ini memberikan dampak dan percontohan yang baik bagi masyarakat secara luas. Melindungi hutan, pelestarian lingkungan, peningkatan ekonomi dan mengurangi konflik sosial adalah tanggung jawab bersama kita semua”, ujarnya.(Rls).


Komentar