oleh

Kepuasan Pelanggan Berdampak Pada Omzet

MUARA ENIM Rumah BUMN PT Bukit Asam menggelar pelatihan bertajuk ‘Service Excellent kepada Pelanggan’ untuk para pelaku UMKM yang berada di Muara Enim dan Tanjung Enim. Kegiatan ini di ikuti oleh 22 para UMKM dari berbagai bidang perdagangan dan jasa.

Pelaksanaan kegiatan juga dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat seperti mewajibkan peserta memakai masker, mencuci tangan sebelum memasuki ruang kegiatan dan menjaga jarak duduk dengan peserta lainnya.


Asisten Manager Bina Mitra PTBA, Arkoni menerangkan, kegiatan pelatihan ini diberikan kepada para pelaku UMKM dengan harapan agar UMKM dapat memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya.

“Dengan demikian terciptalah kepuasan pelanggan yang akhirnya menjadi loyal kepada terhadap usaha para pelaku UMKM. Inilah value yang mahal yang diharapkan dapat tercapati,” terang Arkoni.

Kegiatan ini dihadiri juga Manager Keuangan CSR PTBA Laurentius Agus Haryadi, staff keuangan Senior CSR Abdullah Sarnubi, Koordinator Rumah BUMN Bukit Asam Erizaldi, pengelola Rumah BUMN Bukit Asam Haris Santoso dan Mega Ariana, serta Chairman GENz Preneurs Community Marutha Kristian SEI.

Laurentius Agus Haryadi dalam penyampaikannya mengatakan, syarat UMKM dikatakan naik kelas yaitu UMKM-nya naik omset, naik jumlah produksi, bertambah jumlah karyawan, bisa mengirim produk lintas kabupaten, tertib administrasi dan memiliki legalitas usaha semua itu dapat dicapai

“Dengan memberikan service yang excellent kepada pelanggan sebagai kuncinya sehingga marketnya terjaga,” ujarnya.

Sementara itu sebagai narasumber Khairul Rijal, SE, M.Ag, MBA, alumnus Postgraduate Internasional Islamic University Malaysia ini mempresentasikan bahwa service excellent sangat menentukan minat pembeli, terutama yang berbisnis ritel dan UMKM.

“Karena pada prinsipnya, kepuasaan pelanggan yang optimal akan memberikan dampak omset yang optimal juga,” tukasnya.

Terpisah, salah satu peserta pelatihan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Rumah BUMN PTBA tersebut.

Kami sangat berterima kasih kepada PTBA atas terselenggaranya kegiatan ini. Karena membuka cakrawala wawasan kami soal berbisnis. Kami sangat mengharapkan kegiatan seperti ini untuk sering diadakan terutama dalam pelatihan keahlian. Seperti saya yang usaha di bidang seni merias perlu pelatihan juga pak,” ujar Aldo salah satu peserta wirausaha Wedding Organizer.(//)

Perum GEMA

Komentar