KAI Divre III Layani 53.730 Pelanggan KA Selama Masa Angkutan Lebaran 2022

PALEMBANG Selama 22 hari masa Angkutan Lebaran 1443 H/2022 yakni sejak H-10 s.d H+10 atau 22 April hingga 13 Mei 2022, KAI Divre III Palembang melayani 53.730 pelanggan Kereta Api Jarak Jauh yang ada di wilayah Divre III dengan okupansi 102% dari total kapasitas tempat duduk yang disediakan, yaitu 52.798.

Kabag Humas PTKAI Divre III Palembang, Aida Suryanti menjelaskan, selama Angkutan Lebaran 2022, KAI Divre III Palembang mengoperasikan 3 kereta api jarak jauh yaitu KA Bukit Serelo relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP), KA Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang (PP) dan KA komersial Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP). Puncak arus mudik terjadi pada H-3 atau Jumat (29/4) sebanyak 2.876 pelanggan. Adapun puncak arus balik terjadi pada H+5 atau Sabtu (8/5) sebanyak 3.044 pelanggan.


“Pada penyelenggaraan Angkutan Lebaran ini, KAI tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan ditolak untuk berangkat dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya. Selama periode Angkutan Lebaran tersebut, KAI Divre III mencatat 52 pelanggan ditolak keberangkatan nya karena belum divaksin, sakit dan tidak melengkapi persyaratan lainnya,”ungkapnya, Minggu (15/05/2022) dalam siaran persnya.

Lanjut, Aida untuk membantu pelanggan dalam melengkapi persyaratan naik KA Jarak Jauh, KAI Divre III melayani vaksinasi di stasiun tertentu dan pemeriksaan antigen di stasiun keberangkatan penumpang. Selama periode masa angkutan lebaran, 471 peserta telah mendapat vaksin dan 6.039 peserta melakukan rapid test antigen di stasiun.

“Program vaksinasi tersebut tak hanya diperuntukkan bagi pelanggan namun juga bagi masyarakat luas sebagai wujud bakti KAI kepada Negeri,”lanjutnya.

Masih kata, Aida selama 22 hari masa Angkutan Lebaran ini, seluruh perjalanan kereta api berjalan lancar dan selamat dari stasiun keberangkatan menuju stasiun kedatangan. KAI akan terus konsisten membangun kolaborasi dengan seluruh stakeholder untuk melakukan perbaikan-perbaikan dalam rangka meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api dan kualitas layanan bagi masyarakat.Tujuannya agar layanan Kereta Api bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bermobilitas.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada pelanggan KAI atas kepercayaannya menggunakan KA sebagai moda transportasi pilihan untuk mudik/balik Lebaran tahun ini dengan selamat, aman, nyaman, dan sehat. Tak lupa kepada pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Pemerintah Daerah, TNI, Polri, media online, cetak, elektronik serta anggota komunitas pecinta KA, dan seluruh pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu-persatu yang telah mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan angkutan Lebaran 2022,” tutup Aida. (//)

Perum GEMA


Komentar