oleh

Juarsah Dukung Pengembangan Industri Batik Khaman sebagai Salah Satu Ikon Batik Kabupaten Muara Enim

MUARA ENIM Bupati Muara Enim H Juarsah menyampaikan dukungannya pengembangan batik Keamanan menjadi salah satu ikon di Bumi Serasan Sekundang. Hal ini disampaikannya beberapa hari lalu di acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kecamatan Rambang Niru Tahun 2021 di Desa Tebat Agung.

“Musrenbang tahun 2021 ini dilaksanakan guna memantapkan rencana kerja dan pembangunan daerah di Kecamatan Rambang Niru untuk tahun 2022 mendatang. Maka itu untuk menekankan agar semua usulan warga di masing-masing desa di Kecamatan Rambang Niru dapat dievaluasi dan dibahas secara seksama sesuai prioritas perencanaan pembangunan sehingga tepat sasaran dalam mewujudkan visi Kabupaten Muara Enim yang Merakyat, yaitu Muara Enim untuk rakyat yang agamis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera,”ungkap Juarsah saat membuka kegiatan tersebut.


Lebih lanjut Juarsah mengingatkan bahwa untuk tahun 2022 mendatang visi Kabupaten Muara Enim Merakyat memiliki tema Penguatan Ekonomi Masyarakat Menuju Muara Enim yang Mandiri sehingga rencana pembangunan yang disiapkan di Kecamatan Rambang Niru agar sedapat mungkin diselaraskan dan berpedoman pada hal tersebut.

“Salah satu Visi kabupaten Muara Enim #Merakyat adalah peningkatan ekonomi kreatif. Maka itu kita mendukung sepenuhnya pengembangan industri batik Keamanan ini sebagai ikon baru di kabupaten Muara Enim khususnya kecamatan Rambang Niru yang terdiri dari 16 desa ini,” terang Juarsah.

Diakhir kegiatan, Juarsah berkesempatan meninjau produk batik motif buah khaman (gandaria) dari kelompok ekonomi kreatif Karang Taruna Desa Lubuk Raman.

Terlihat Bupati Muara Enim H Juarsah bersemangat melihat usaha kreatif karya anak-anak muda yang dinilainya sangat elok dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi untuk menggerakkan perekonomian masyarakat desa. Dan ia mengusulkan agar nantinya melalui binaan TP. PKK Kecamatan Rambang Niru, Batik Khaman khas Lubuk Raman ini dapat dipamerkan dan mengisi gerai pusat oleh-oleh Kabupaten Muara Enim.

“Nantinya melalui pembinaan TP PKK Batik Keaman ini untuk dapat dipamerkan serta mengisi gerai pusat oleh-oleh kabupaten Muara Enim, sehingga mendapat tempat dan dapat dikenal luas sebagai salah satu ikon batik Kabupaten Muara Enim,” pungkasnya.

Sementara itu Camat Rambang Niru, Fredy Febriansyah, S.STP menyambut baik dukungan dari Pemkab Muara Enim tersebut dan Ia berjanji kan terus selaras dengan visi misi kabupaten Muara Enim.

“Atas nama masyarakat Rambang Niru kami siap mendukung dan mensukseskan visi misi kabupaten Muara Enim #Merakyat, khususnya didalam meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat,” tutupnya, Kamis (4/3/2021) saat dihubungin media ini.


Komentar