oleh

Gelar Pelatihan Manajemen Keuangan, PTBA Ingin UMKM ‘Naik Kelas’

MUARA ENIM PT. Bukit Asam melalui Program Rumah BUMN bekerjasama dengan GenZ Preneurs Comunity kembali menggelar kegiatan pelatihan untuk UMKM. Kali ini, yang menjadi sasatan ialah UMKM Kecamatan Gelumbang, Muara Enim dan Kabupaten OI, Kamis (8/7) beberapa hari lalu.

Pelatihan kali ini ialah mengenai manajemen keuangan dan iikuti oleh 28 UMKM dari berbagai bidang baik perdagangan maupun jasa.


Kegiatan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Asisten Manager Perencanaan PTBA, Mustafa Kamal ST menegaskan, kegiatan pelatihan ini bersumber dari keyakinan PTBA bahwa dengan program “UMKM Naik Kelas”, akan membawa dampak naiknya taraf ekonomi masyarakat.

Ia pun mengajak para peserta untuk berdo’a agar situasi pandemi Covid-19 segera berlalu, dan kehidupan ekonomi dapat berjalan seperti semula.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Haris dan Mega selaku Koordinator Rumah BUMN Bukit Asam Tanjung Enim serta Marutha Kristian SEI selaku Narasumber.

Dalam paparannya, Marutha mengungkap jika dikelola dengan baik, maka UMKM dapat dengan cepat untuk bisa naik kelasnya. UMKM naik kelas sendiri, ujarnya, selain terlihat dari besarnya omzet yang didapat juga terlihat dari beberapa indikator.

“Ada beberapa syarat UMKM itu dikatakan naik kelas yaitu naik omsetnya, naiknya jumlah produksi, bertambah jumlah karyawan, bisa mengirim produk lintas kabupaten, tertib administrasi dan memiliki legalitas usaha,” ujar Marutha.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi salah satu usaha mitra binaan Jon Jangkrik.

Bang Jon, sapaan pemilik usaha ini mengucapkan terima kasih kepada PTBA dan GenZ Preneurs Community yang telah menyelenggarakan pelatihan manajemen bagi UMKM.

Kami sangat berterima kasih kepada PTBA dan GenZ Preneurs Community atas terselenggaranya kegiatan ini karena membuka cakrawala wawasan kami soal berbisnis. Dan usaha kami ini sangat terbantu dengan adanya bantuan permodalan dari PTBA, yang dulu cuma 3 boks penangkaran jangkrik sekarang kami sudah ada 32 boks penangkaran jangkrik, dengan produksi bisa mencapai 300kg per bulan,” tukas Bang Jon Jangkrik.(//)


Komentar