oleh

Gandeng GenZ Preneurs, PTBA Ingin UMKM Naik Kelas

MUARA ENIM Untuk mendukung tumbuh kembang UMKM yang ada di sekitar Tanjung Enim dan Muara Enim, PT Bukit Asam melalui Program Rumah Kreatif Bukit Asam memberikan bantuan permodalan dan pembinaan pelatihan manajemen keuangan.

Kegiatan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu itu berkerja sama dengan GenZ Preneurs Comunity dalam rangka membangun kemitraan bersama UMKM yang berada di sekitar Tanjung Enim dan Muara Enim


Kegiatan ini diikuti oleh 25 para pengusaha dan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Manager Keuangan PTBA Laurentius Agus Haryadi menyampaikan, di tengah Pandemi Covid 19 ini, pihaknya menyadari jika sektor yang paling merasakan dampaknya adalah para pengusaha UMKM.

Oleh sebab itu, PTBA secara serius ingin agar masyarakat mampu beradaptasi dengan perubahan ini dan dapat melakukan inovasi-inovasi di dalam menjalankan bisnisnya agar mampu survive dan tetap berkembang.

“Salah satu bentuk keseriusan PTBA ialah dengan menggelar kegiatan ini,” ungkapnya.

Sementara Asisten Manager Bina Mitra PTBA, Mustofa Kamal, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya PTBA memaksimalkan keberadaan UMKM untuk terus berkembang dan naik kelas.

“Kita ingin UMKM yang berada di sekitar area perusahaan bisa naik kelas, dengan ditunjukkan pengelolaan bisnis yang profesional, naiknya omset dan jumlah karyawannya bertambah,” kata Mustofa.

Pada kesempatan yang sam, narasumber kegiatan tersebut, Marutha Kristian, SEI selaku Direktur GenZ Preneurs mempresentasikan tentang Filosofi Piramida Bisnis yang dimulai dari keharusan seorang pebisnis memiliki mindset yang benar soal uang.

Selanjutnya, kata Marutha ialah keberanian memunculkan ide bisnis bernilai berbeda, serta Keterampilan mengeksekusi gagasan tersebut dengan tepat.

“Apalagi landscape bisnis hari ini berubah dengan sangat cepat di dalam era revolusi industri 4.0. kalau kita tidak berubah maka kita akan tergilas oleh kemajuan zaman,” imbuhnya.

Salah satu peserta kegiatan, Novansyah mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan PTBA tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat positif karena membuka cakrawala wawasan peserta soal berbisnis.

Kami usulkan kegiatan seperti ini untuk sering diadakan terutama dalam tema digitalisasi marketing karena seperti yang disampaikan Bapak Marutha tadi sebagai Narasumber bahwa digital marketing sudah menjadi keharusan bagi para pengusaha,” pungkas Novansyah, salah satu peserta dari Owner Pempek Ena’o.(//)


Komentar