oleh

Daya Beli Elektronik di Muara Enim Menurun, Ini Kata Pemilik Toko

MUARA ENIM Memasuki tahun kedua Pandemi Covid-19, semua sendi perekonomian berdampak. Salah satunya adalah daya beli masyarakat terhadap barang elektronik di Kabupaten Muara Enim.
“Dampak pandemi Covid-19 ini, sangat luar biasa. Bukan saja kepada masyarakat tidak mampu dan menengah, tanpa terkecuali terhadap pengusaha,” kata Ir Johan Ong yang merupakan owner Aneka Elektronik Muara Enim, Jumat (30/7/2021).

Menurut Johan Ong, wabah pandemi Covid-19 ini, benar-benar luar biasa dan lebih dahsyat dibandingkan dengan wabah-wabah yang terjadi sebelumnya. Karena masanya lebih lama dan tidak bisa diprediksi kapan berakhirnya sehingga dampaknya benar-benar terasa dan dirasakan oleh seluruh elemen masyarakat di dunia.


Adapun dampak yang dirasakan oleh para pengusaha khususnya elektronik, lanjut tokoh masyarakat Tionghoa Muara Enim ini, adalah daya beli masyarakat yang merosot tajam. Setidaknya sekitar 60 persen turunnya bila dibandingkan daya beli masyarakat sebelum pandemi Covid-19. Akibatnya penjualan elektronik lesu dan omzetpun turun drastis. Namun pihaknya bersyukur meski omzet turun, sampai saat ini, belum ada mem PHK-kan karyawannya, dan akan sekuat tenaga minimal bisa bertahan.

“Sekarang barang elektronik yang banyak laku seperti toak untuk Masjid, kipas angin, AC dan mesin Cuci. Kalau barang elektronik lain cenderung turun,” katanya.
pungkasnya Tokoh Agama Budha Muara Enim ini.

Harapan kedepan, sambut Johan, perekonomian dunia khususnya Indonesia bisa terus membaik sehingga roda perekonomian kembali normal serta pandemi Covid-19 cepat berakhir dari muka bumi. (Derri)

Perum GEMA

Komentar