oleh

Waspada Musim Penghujan, PTKAI Divre III Palembang Siapkan AMUS

PALEMBANG Memasuki Musim Penghujan sehingga membuat kondisi cuaca berdampak terhadap daerah yang kontur tanahnya berada di wilayah rawan longsor. Mewaspadai hal tersebut, untuk mendukung keselamatan dan program Safety No Anjlokan, PTKAI Divre III terus konsen mewaspadai Jalur-jalur kereta api di wilayah Sumatera Selatan yang termasuk dalam kategori rawan longsor.

Kabag Humas PTKAI Divre III Palembang, Aida Suryanti menjelaskan dari hasil pemetaan ada beberapa jalur yang masuk dalam daerah rawan longsor. Di antaranya petak jalur Niru-Penimur (Muara Enim), Banjarsari – Sukacinta ( Lahat) , Saungnaga-Tebing Tinggi (Empat Lawang), karena melintasi perbukitan. Tanah sangat rentan amblas di musim hujan.


“Daerah-daerah itu sudah kita petakan rawan longsor dan amblas, perlu diwaspadai saat musim hujan,” ungkap Aida, Kamis (04/11/2021) dalam siaran persnya.

Sebagai antisipasi, selain perawatan rutin yang telah dilaksanakan, pihaknya telah menyiapkan beberapa langkah yang perlu dilakukan, seperti menyiapkan AMUS (alat material untuk siaga) di titik-titik rawan dan pemeriksaan rel secara manual dengan berjalan kaki oleh petugas dari dan menuju setiap stasiun.

“Pemeriksaan secara kontinyu, kita sudah siapkan petugas ekstra untuk di jalur rawan dan petugas flying gang atau regu terbang/siaga, dan alat evakuasi apabila hal yang tidak diinginkan dampak dari kondisi cuaca, jelas Aida.

Selain itu, PT KAI Divre III Palembang juga melakukan pemasangan dinding penahan longsor/amblas di daerah yang memang secara geografis berada di wilayah rawan dampak hujan.

“Jika longsor mengenai rel otomatis akan menggangu operasional kereta, hal itu yang perlu kita minimalisir,” pihak PTKAI Divre III Palembang terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jasa pungkasnya.

Perum GEMA

Komentar