oleh

Siberkreasi Muara Enim Gelar Webinar Peran Komunitas Akademik di Era Digital

MUARA ENIM — Transformasi digital saat membuat komunitas harus berperan aktif menyesuaikan kegiatan pembelajaran. Sebab, banyak hal yang menjadi tantangan bagi para pendidik dan anak didik di era digital saat ini, mulai dari peningkatan kompetensi, sarana prasarana hingga soal keamanan digital.

Hal inilah yang menjadi pembahasan pada webinar literasi digital yang dimotori oleh Dirjen Aplikasi dan Informatika (Aptika) Kementerian Kominfo dengan tema ‘Peran Komunitas Akademik di Era Digital’, Jumar (2/7/2021).


Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah terkait literasi digital. Dirinya mengungkap, hasil survei literasi digital yang dilakukan pihaknya bersama Siberkreasi dan Katadata pada 2020 menunjukkan bahwa indeks literasi digital Indonesia masih pada angka 3,47 dari skala 1 hingga 4.

Hal itu, katanya, menunjukkan indeks literasi digital kita masih di bawah tingkatan baik. “Dalam konteks inilah webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI ini menjadi agenda yang amat strategis dan krusial, dalam membekali seluruh masyarakat Indonesia beraktifitas di ranah digital,” ujarnya.

Webinar itu menghadirkan empat narasumber yang berkompeten, yakni Arief Rama Syarif, S.T., M.Kom Staf Ahli Bidang IT PT Prima Armada Raya, Dian Ikha Pramayanti, S.Pt. M.Si Dosen dan Penulis, kemudian Jumran, SH., MM Ketua PGRI Muara Enim serta Emiyati, SE., M.Si Dosen dan Anggota Dewan Riset Daerah Muara Enim.

Kegiatan yang berlangsung pukul 09.00 WIB ini dimoderatori oleh Sonnaria dengan Key Opinion Leader Selebgram yang juga traveler El-Friday @elfriday_.

Pada sesi pemaparan, narasumber Arief Rama Syarif menjelaskan mengenai berbagai ancaman keamanan di dunia digital. Ia pun membagikan berbagai tips untuk menjaga keamanan dalam berinteraksi di dunia digital.

Pemateri Dian Ikha Pramayanti memaparkan etika akademik yang berkaitan dengan kegiatan perkuliahan, dan cara menghindari perbuatan plagiat bagi mahasiswa dalam pembuatan tugas kuliah.

Narasumber Jumran memaparkan peranan organisasi PGRI dalam pembinaan profesi guru selama masa pandemi covid-19 dan berbagai upaya yang dilakukan oleh organisasi dalam mendukung percepatan transformasi digital.

Sementara narasumber Emiyati menjelaskan berbagai kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh komunitas akademik dalam mendukung transformasi digital. Dirinya juga menjelaskan beberapa referensi digital untuk mendukung kegiatan akademik mahasiswa.

Sebagai penutup Key Opinion Leader El-Friday mengungkapkan betapa pentingnya kesiapan SDM terutama tenaga pendidik dalam masa transformasi digital saat ini.

Untuk diketahui, kegiatan webinar ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan literasi digital di Kabupaten Muara Enim. Hingga akhir November 2021 nanti, ada 34 lagi rangkaian webinar dengan berbagai topik akan diselenggarakan di Kabupaten Muara Enim.

Kegiatan massif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif-nya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.(release)


Komentar