oleh

Sambangi Kemenkumham Sumsel, Heri Amalaindo Minta Dibangunkan Lapas di PALI

PALI —¬†Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Ir H Heri Amalindo MM., bersama Ketua DPRD PALI, H Asri Ag, dan Wakil Ketua II, Budi Khoiru bertandang ke Kankanwil Kemenkumham Sumsel, Selasa (06/07/21).

Kedatangan rombongan membahas perihal agar Kemenkumham dapat membangun Lapas di Kabupaten PALI. Pemkab PALI sendiri telah menyiapkan lahan seluas 5 Ha, lantaran kehadiran Lembaga Permasyarakatan (LAPAS) di Bumi Serepat Serasan tergolong urgent, mengingat masih tingginya narapidana yang menghuni Lapas Kelas IIB Muara Enim.


Bupati PALI, Ir H Heri Amalindo MM., mengatakan, pihaknya berharap agar segera mungkin untuk didirikan Lapas di Kabupaten PALI, mengingat jumlah narapidana asal daerah ini lebih dari 600 orang dari jumlah narapidana yang ada di Lapas Muara Enim sekitar 1200 orang.

“Jadi PALI sangat layak untuk dibangun Lapas. Semua syarat akan kita lengkapi. Termasuk lahan yang telah kita bebaskan seluas lima hektar. Namun, apabila itu masih kurang, maka kita akan lakukan pembebasan lagi untuk mencukupinya sesuai dengan kebutuhan Kemenkumham,” paparnya.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Indro Purwoko SH MH., mengungkapkan, pertemuan tersebut selain membahas pembangunan Lapas di Kabupaten PALI, juga membahas kerjasama untuk melakukan penyuluhan masalah hukum terhadap masyarakat di Kabupaten PALI.

“Pak Bupati telah menyiapkan lahan dalam rangka pembangunan Lapas atau kantor lain yang berkaitan dengan Kemenkumham. Untuk penyuluhan sendiri, info yang kita dapat memang tingkat kriminalitas di PALI cukup tinggi,” ujarnya.

Menurutnya, pihaknya saat ini tengah mengalami keterbatasan soal anggaran.

Kami punya tenaga penyuluh, namun kami cuma menyiapkan anggaran perjalanan saja. Dan saya menyarankan penyuluhan juga melibatkan instansi lain seperti Polri, Kejaksaan, dan TNI,” pintanya.(//)


Komentar