oleh

Sah! KASN Tolak Rekomendasi Tiga Sekda Ajuan Juarsah, Plh Janjikan Seleksi Terbuka

MUARA ENIM Buntut ditolaknya rekomendasi tiga nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) Muara Enim oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Pemkab Muara Enim akhirnya membuka seleksi ulang. HNU juga berjanji seleksi ulang Sekda Muara Enim kredibel dan terbuka.

Pelaksana Harian (Plh) Bupati Muara Enim, H Nasrun Umar (HNU) mengatakan seleksi ulang pemilihan Sekda akan dibuka lagi sesuai perintah Gubernur Sumsel H Herman Deru.


“Sesuai perintah Gubernur HD seleksi ulang pemilihan Sekda Muara Enim dibuka lagi, dengan catatan tahapan seleksi dilakukan secara seleksi Terbuka,” ungkap HNU saat menggelar konferensi pers dihadapan awak media, Kamis sore (3/3/2021) di Ruang Rapat Serasan Sekundang, Pemkab Muara Enim, didampingi Kepala BKPSDM.

Dalam uji tahapan ini, HNU menegaskan dirinya sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi tidak akan dilibatkan sebagai panitia seleksi (Pansel).

“Saya disini sebagai Plh Bupati Muara Enim adalah usernya, jadi saya tidak berwenang masuk tim pansel,”ungkapnya.

Meski begitu, HNU memastikan seleksi sekda yang dilakukan pansel tetap melibatkan tim penguji yang kompeten. Dirinya menegaskan jajaran tim pansel terdiri dari akademisi dan pemerintahan.

“Karena dalam tim pansel harus ada unsur pemerintah yakni Sekda Provinsi, maka tugas ini saya limpahkan kepada Asisten 3 Pemprov Sumsel dan saya berjanji insyaAllah seleksi terbuka sekda kredibel. Dan saya berjanji akan berbuat yang terbaik untuk Kabupaten Muara Enim,”tegasnya.

Disinggung mengenai penyebab ditolaknya rekomendasi Sekda oleh KASN, HNU enggan berkomentar banyak. Menurut HNU, alasan ditolaknya rekomendasi tidak perlu harus disampaikan ke publik.


Komentar