oleh

Pria Ini Curi Kotak Amal Masjid, Nyaris Mampus di Masa

PRABUMULIH — Pria ini nyaris babak belur dimasa oleh warga lantaran mencuri Kotak Amal Masjid, Edi Asnawi (34) warga Jalan Masjid Nurul Iman, Kelurahan Patih Galung, Kecamatan Prabumulih Barat, kota Prabumulih. Nahasnya, belum sempat menikmati hasil curiannya pelaku ini keburu tertangkap warga.

Pelaku Edi kepergok saat melakukan aksi pencurian uang dari kotak amal masjid An Nur di Jalan Sunda Kelapa, Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur, kota Prabumulih, Minggu (21/3/2021).


Beruntungnya, pria segera diamankan petugas kepolisian dari Polsek Prabumulih Timur yang langsung tiba ke lokasi dan berhasil menyelamatkan pelaku dari bulan-bulanan kemarahan warga. Dari tangan pelaku, petugas juga berhasil mengamankan barang-bukti berupa uang tunai Rp677 ribu yang diambil pelaku dari dalam kotak amal masjid.

Informasi berhasil dihimpun, pencurian kotak amal tersebut pertama kali diketahui Darkin (65) yang merupakan marbot masjid. Dia mendengar suara orang memukul benda di dalam masjid sekira pukul 13.15 WIB.

Darkin yang rumahnya bersebelahan dengan masjid penasaran dengan suara tersebut. Lalu pengurus masjid tersebut berusaha mencari tahu dengan mendatangi masjid.

Belum sampai masuk ke dalam masjid, tiba-tiba Edi Asnawi keluar dari dalam masjid hendak kabur. Melihat itu Darkin lalu memegang pelaku, namun Edi berkilah jika dirinya dari WC masjid dan berusaha melepaskan pegangan Darkin.

Kemudian, Darkin yang kalah tenaga dan melihat Edi Asnawi hendak kabur lalu berteriak minta tolong ke warga lainnya. Mendengar teriakan maling tersebut, warga sekitar masjid langsung berhamburan mengejar pelaku dan melayangkan bogem mentah ke tubuh Edi.

Edi yang telah terkepung lalu hanya bisa pasrah, beruntung petugas kepolisian yang dihubungi warga cepat tiba dan menyelamatkan Edi Asnawi dari amukan massa yang telah kesal dengan ulahnya.

Kami ini sedang santai di rumah tiba-tiba ada teriak maling,” ujar salah-satu warga yang enggan namanya dikorankan. Mendengar teriakan itu, pihaknya langsung keluar dan melihat pelaku telah diamankan warga dan sempat kena pukul.

Dihadapan petugas, Edi Asnawi tak menampik perbuatannya sudah melakukan pencurian kotak amal masjid tersebut karena butuh uang. “Baru sekali ini lah pak, saya buka pakai pukul lalu uang di dalam kotak amal saya ambil,” sebutnya sambil merintih kesakitan.

Kapolsek Prabumulih Timur AKP Herman Rozi didampingi Kanit Reskrim Ipda Haryoni Amin membenarkan adanya pelaku diduga mencuri kotak amal masjid An Nur tersebut.

“Pelaku inisial EA telah kita amankan dan masih kami lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Atas perbuatannya, pelaku dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan,”pungkasnya.


Komentar