oleh

Presiden Jokowi  Ajak Seluruh Elemen Bangsa  Teladani  Nilai-Nilai  Luhur Pancasila

PALEMBANG Sekda Sumatera Selatan  Ir H  SA Supriono  berkesempatan mengikuti  Upacara Peringatan Hari Pancasila secara virtual bertempat  di auditorium Binapraja kantor Gubernur Sumsel, Rabu (1/6/2022).

Dalam upacara yang dipimpin  Presiden RI Joko Widodo  y dipusatkan di Lapangan Pancasila Kota Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) kali ini  mengambil tema “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”.


Diawali dengan pengibaran bendera  merah putih dilanjutkan   pembacaan teks Pembukaan UUD 1945.

Dalam amantnya Presiden Jokowi menegaskan peringatan hari lhir Pancasila sengaja di gelar Kota Ende NTT salah satu alasannya  Kota Ende memiliki sejarah penting  atas lahirnya Pancasila sebagai dasar Negara RI. Dimana sang Proklamator Ir Soekarno merumuskan Pancasila di Kota tersebut.

“Peringatan hari lahir Pancasila kita laksanakan di Kota Ende. Di kota yang sangat bersejarah ini Bung Karno proklamator kemerdekaan merumuskan Pancasila  sebagai dasar negara,” kata Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi,   mengajak seluruh para anak bangsa  untuk mentauladani nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Dari kota Ende ini saya mengajak seluruh anak bangsa dimanapun berada untuk membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila di manapun berada dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” tuturnya.

Menurutnya Pancasila merupakan bintang penuntun saat Indonesia menghadapi berbagai ujian.

“Pancasila tidak hanya menyatukan akan tetapi   juga menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia dala menghadapi tantangan dan ujian-ujian. Bangsa kita sampai saat ini tetap berdiri kokoh, karena itu kita sepakat agar selalu berlandaskan dan mengamalkan Pancasila” ungkapnya.

Jokowi juga mengajak  para pejabat di pemerintahan diseluruh Indonesia untuk menjadi contoh dan teladan dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila di masyarakat.

“Terakhir saya mengajak seluruh para pejabat di pemerintahan, pimpinn daerah, tenaga pendidik, tokoh-tokoh agama, tokoh-tokoh ormas, pimpinan partai politik dimanapun berada untuk dapat menjadi teladan dan contoh bagi aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Demi terwujudnya Indonesia maju, mewujudkan cita-cita Proklamasi kemerdekaan,” pungkasnya.

Saat dibincangsi secara singkat terkait hari lahirnya Pancasila 1 Juni, Sekda SA Supriono menegaskan, nilai-nilai luhur ya g terkandung dalam butir-butir Pancasila perlu dilestarikan melalui aktualisasinya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita hidup di bumi Nusantara memiliki landasan dan pandangan yang sama terhadap Pancasila. Dalam butir-butir Pancasila  memuat nilai-nilai luhur yang tidak dipertentangkan dengan adat, suku dan agama apapun sehinnga patut dilestarikan, ” tandas Sekd.

Untuk diketahui juga, Upacara ini diikuti secara luring maupun daring, oleh pimpinan lembaga negara, kementerian/lembaga, pemerintah  Provinsi/kabupaten/kota. Perwakilan negara sahabat di Indonesia, perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, jajaran TNI/Polri, dan para tokoh serta tamu undangan lainnya. 

Sedangkan Sekda Sumsel SA Supriono saat mengikuti upacara kali ini didampingi  Wakil Ketua DPRD Sunsel HM Giri Ramanda, Mewakili  Pangdam II Sriwijaya Brighen TNI Heru Seto. Mewakili Kapolda Sumsel Kombes Pol. M. Pratama, Sekretaris DPRD Prov. Sumsel, Rakadhan S. Basyeban, dan Pejabat Daerah di Lingkungan Prov. Sumsel. (****)

Perum GEMA


Komentar