oleh

Mau Tau Siapa? Pengrajin Ambung dan Sangkar Burung Pikat Hati PJ Bupati Muara Enim

MUARA ENIM Siapa sangka kemahirannya didalam membuat anyaman rotan, bambu serta kayu bisa menjadikan ia terkenal serta anyamannya itu memiliki nilai ekonomis yang cukup menjanjikan.

Dadang seorang pengrajin anyaman asal desa Ulak Bandung kecamatan Ujanmas, berhasil memikat Pj Bupati Muara Enim H Nasrun Umar untuk melihat dan belajar cara menganyam, Senin lalu (01/11/2021) di acara Pelantikan Pengurus DEKRANASDA Kabupaten Muara Enim.


Dadang yang tampil sebagai perwakilan dari kecamatan Ujanmas berhasil menampikan serta membawa karyanya berupa sangkar burung mulai dari yang kecil hingga ukuran besar dan terlihat penuh ukiran yang sangat unik untuk di pamerkan dan dimiliki oleh orang lain.

Dikesempatan lain, Dadang bercerita menceritakan bahwa ia memulai kerajinan tangan tersebut sejak tahun 2016, akan tetapi sempat berhenti, dan mulai kembali di tahun 2018 awal hingga sekarang.

“Saya belajar ini dari kecil waktu itu paman saya yang mengajarkan kepada saya cara menganyam bambu, rotan sehingga bisa menghasilkan nilai estetika yang indah, sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat seperti sangkar burung dari yang kecil hingga yang besar dan penuh ukiran untuk menambah nilai pada produk tersebut,” ungkapnya, Rabu (03/11/2021) pada media ini.

Lanjutnya, dalam waktu satu bulan Ia bisa membuat sampai 150 sangkar burung dari ukuran kecil hingga paling besar. Ia juga mengatakan terkait ukurannya tergantung pesanan para pelanggan, dari segi bahan yang sulit di dapat hingga kualitas barang tersebut.

“Banyak hal yang harus di perhatikan bagi saya selaku pelaku usaha. Untuk penjualan bisa saya lakukan via online Facebook dan WhatsApp juga saya tawarkan ke tempat kios yang ada di Kecamatan Ujan Mas dan sekitarnya,”bebernya.

Sementara, Kepala Desa Ulak Bandung, Nopiansyah dikesempatan yang sama mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang dilaksanakan Dekranasda Muara Enim. Hal ini ia sampaikan bisa menambah wawasan untuk para pengrajin lokal serta bisa memotivasi yang lainnya, serta mampu meningkatkan produk lebih baik lagi.

“Kita cukup bangga atas kunjungan Pj Bupati ke Stan Kecamatan Ujanmas, apalagi acara itu juga merupakan kumpulan pengrajin lokal. Apalagi kita sangat bangga mendapat pesanan dari rekan-rekan OPD yang hadir dan berkunjung ke gerai Kecamatan Ujan Mas, Alhamdulillah pesanan kemarin sangat banyak dan juga bapak Pj Bupati sangat antusias melihat langsung bagaimana cara kerja dari pengrajin bisa menghasilkan sangkar burung dan ambung tersebut,” ujarnya.

Kemudian ia menyampaikan harapannya terhadap pemerintah serta pihak terkait.

“Harapan kami selaku Pemerintah Desa karena ini merupakan kerajinan tangan turun temurun, kami berharap kepada Pemerintah Daerah agar lebih memperhatikan para pengrajin tersebut, supaya kerajinan ia punah dan juga hilang. Semoga pemerintah dapat membantu dalam hal pemasaran produk kerajinan tangan seperti ambung dan juga sangkar burung, sejauh ini para pengrajin terbentur sulitnya pemasaran produk mereka, dan juga alat-alat yang digunakan masih dengan cara manual sehingga membuat proses pembuatan memakan waktu yang cukup lama,” pungkasnya.

Perum GEMA

Komentar