oleh

Kapolres Muara Enim : Langgar Sumpah dan Janji Polri, Siap-siap Diberhentikan Tidak Hormat

MUARA ENIM Dalam Rangka mewujudkan personel Polres Muara Enim yang Presisi, berintegritas, bebas dari narkoba, berguna bagi keluarga, intitusi Polri, masyarakat, bangsa dan negara.

Kapolres Muara Enim AKBP Danny Sianipar SIK memimpin upacara Pengambilan sumpah / janji personil, Senin (15/2/2021) di Aula Rupatama Polres Muara Enim.


Sebelum dilaksanakannya pengambilan sumpah/janji tersebut, secara serentak acara ini dibuka oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof DR Eko Indra Heri S MM. Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh jajaran Polda Sumsel melalui Vicon.

“Pengambilan sumpah tersebut diikuti seluruh pejabat utama Polda Sumsel dan pejabat utama jajaran Polres Polda se- Sumsel serta sampai ke jajaran Polsek yang ada di Polda Sumsel yang mana dipimpin oleh Karo SDM Polda Sumsel melalui Vicon (video conference),” ungkap Kapolres Muara Enim AKBP Danny Sinipar S IK.

Setelah vicon (video conference) tersebut kita langsung melakukan upacara Pengambilan sumpah / janji personil Polres Muara Enim.

“Kegiatan ini diikuti oleh Para pejabat Utama Polres Muara Enim dan Para Kapolsek Jajaran Polres Muara Enim dan setelah pengambilan sumpah / janji personil. Anggota Polres Muara Enim yang mengikuti kegiatan ini, selanjutnya melakukan penandatanganan berita acara sumpah yang sudah disediakan,”terangnya.

Kemudian Kapolres Muara Enim menyebutkan pengambilan sumpah janji ini akan dilaksanakan sampai ke jajaran anggota guna ketaatan dan kepatuhan terhadap institusi Polri, bangsa, dan negara.

“Hari ini kita melaksanakan pengambilan sumpah pada tingkat Polres dan akan dilanjutkan sampai ke tingkat paling bawah di kesatuan kita, dan sumpah bagi seluruh anggota personil Polres Muara Enim yang mana kita semua berjanji untuk tidak melibatkan diri dalam segala bentuk penyalahgunaan narkoba baik sebagai pemakai, pengedar maupun membekingi pengedar dan bandar narkoba,”ujarnya.

Selanjutnya Kapolres juga mengharapkan anggotanya untuk berjanji tidak melakukan pelanggaran hukum.

“Selain terkait penyalahgunaan narkotika, anggota kita juga berjanji tidak akan terlibat dalam perbuatan melanggar hukum, pidana, kode etik maupun disiplin yang dapat menurunkan citra polri,” tegasnya.

Terakhir Kapolres menegaskan jika anggotanya melanggar maka akan diberikan sangsi tegas.

“Dan jika melanggar sumpah ini bersedia diproses hukum yang berlaku atau sanggup bersedia diberhentikan tidak dengan hormat (PTDH) dari dinas Kepolisian,”pungkasnya.

 

Laporan : Andreas Prakoso SH


Komentar