oleh

Juarsah Ingatkan Perusahaan Tambang Patuhi Aturan Pelestarian Lingkungan

MUARA ENIM Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, S.H., mengingatkan para pengusaha tambang yang beroperasi di Kabupaten Muara Enim untuk mematuhi aturan-aturan pelestarian lingkungan dalam kegiatan usaha Penambang.

“Pemkab Muara Enim memang berada di posisi melindungi dunia usaha yang
telah berinvestasi, namun yang terpenting adalah melindungi dan menyelamatkan masyarakat dari dampak lingkungan,”tegasnya, Senin (28/09/2020) pada pembukaan seminar bertajuk Sinergi dalam Menciptakan Lingkungan Pertambangan yang Baik di Kabupaten Muara Enim di Hotel Griya Sintesa, Muara Enim.


Dalam seminar yang diselenggarakan oleh Perusahaan Daerah Sarana Pembangunan Muara Enim (PDSPME) dan diikuti oleh berbagai perusahaan tambang yang ada di Kabupaten Muara Enim ini, Juarsah yang didampingi oleh Kasi. Perencanaan Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muara Enim, Mona Lisa, S.T., M.Si meminta komitmen para pemangku kepentingan (stakeholder) usaha tambang untuk bersinergi dan berkomitmen mengelola kegiatan tambang dengan tidak mengesampingkan kelestarian lingkungan.

“Beberapa hal yang dapat diupayakan didalam mengelola kegiatan tambang dengan tidak mengesampingkan kelestarian lingkungan yaitu reklamasi, restorasi dan rehabilitasi lahan yang terlanjur rusak serta menyediakan bantuan teknis maupun finansial kepada masyarakat guna meningkatkan pengelolaan lahan yang berkelanjutan,”ungkapnya.

Lebih lanjut Juarsah menyadari bahwa pertambangan merupakan sektor strategis dalam mendorong tumbuhnya perekonomian daerah dan nasional, namun jika tidak ditangani dengan baik maka kedepan dapat meninggalkan dampak negatif, khususnya kerusakan lingkungan.

“Pertambangan merupakan sektor strategis dalam mendorong tumbuhnya perekonomian daerah dan nasional, namun jika tidak ditangani dengan baik maka kedepan dapat meninggalkan dampak negatif, khususnya kerusakan lingkungan. Oleh sebab itu kita berharap agar semua perusahaan tambang mampu mengupayakan keselarasan maupun kelestarian lingkungan sehingga dapat bermanfaat yang sebesar-besarnya bagi kemakmuran dan keberlangsungan hidup masyarakat di Kabupaten Muara Enim,”pungkasnya.


Komentar