oleh

DPD PKS Muara Enim Siapkan Program Tingkatkan Ekonomi Rakyat

MUARA ENIMDPD PKS Muara Enim mempersiapkan program untuk membantu geliat dan gairah perekonomian masyarakat. Ketua DPD PKS Muara Enim, Jon Dries mengatakan, bahwa 2021 ini adalah tahun di mana masyarakat Muara Enim bergerak maju mengakhiri masa pandemi Covid-19.

Hal itu diungkapkan Ketua DPD PKS Muara Enim Jon Dries ST MM dalam kegiatan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda), Minggu (30/5) di Aula Kantor DPD PKS Kabupaten Muara Enim.


Rakorda tersebut dihadiri oleh seluruh pengurus Dewan Pimpinan Tingkat Daerah (DPTD) PKS Muara Enim, Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Muara Enim, Seluruh Bidang DPD dan Anggota DPRD Kab Muara Enim.

Pada kesempatan Rakorda ini, PKS Muara Enim menegaskan kembali komitmennya untuk terus aktif dan turut serta berperan membantu masyarakat untuk bersama-sama menggeliatkan kembali perekonomian di Muara Enim.

Sambung Jon Dries, adapun beberapa program disiapkan untuk masyarakat. Misalnya, pelatihan wirausaha, pendampingan untuk meningkatkan bisnis, memperkuat sektor pertanian, sektor buruh serta membangun jejaring pasar.

“PKS Muara Enim berkomitmen menciptakan dan menjaga hubungan yang baik dengan pemerintah daerah dan juga elemen kebangsaaan lainnya. Dalam Rakorda, kami mendiskusikan karya dan kontribusi dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan sosial,” kata Jon Dries, kemarin.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris DPD PKS Muara Enim Maruta Kristian mengatakan, bahwa DPD PKS Muara Enim telah menyerap ide-ide dari berbagai kalangan.

Termasuk mempersilahkan bagi simpatisan dan masyarakat untuk turut berpartisipasi langsung dengan menyampaikan masukannya melalui Struktur baik tingkat ranting, kecamatan maupun daerah.

Selain itu, PKS Muara Enim mulai membahas dan menyusun program-program yang dapat saling bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Muara Enim.

Beberapa program yang telah dibahas pada Rakorda PKS kali ini antara lain, sekolah pemuda PKS yang merupakan program pendampingan bagi kaum muda dan sekolah bagi petani dan peternak.

“Kami memiliki pandangan bahwa Kabupaten Muara Enim ini adalah salah satu daerah yang sangat potensial dalam segi pengembangan agribisnis dan pengembangan sumber daya manusia. Sehingga masyarakat didorong kembali agar bergeliat lagi di sektor ini. Maka kita coba lakukan pendampingan dan pelatihan,” kata Marutha.

Selain itu, pihaknya mencoba untuk membangun jejaring pasar, yang dikomandoi kader PKS terutama yang ahli di bidang jaringan ekonomi. Jaringan ekonomi ini sudah mulai bergerak untuk mengumpulkan UMKM dari berbagai sektor bisnis. Mulai dari bisnis kreatif, agribisnis, Kuliner, IT, Pendidikan dan lain sebagainya.

Dengan sinergi dari semua bidang yang ada, diharapkan dapat mendukung kegiatan perekenomian di Muara Enim.

“Kita perlu mendukung penuh usaha pemerintah terkait pengelolaan UMKM, dengan membantu agar UMKM di Muara Enim ini bisa naik kelas. Caranya dengan meningkatkan daya beli masyarakat. Upaya tersebut dapat diwujudkan dengan memperluas pasar dan mengoptimalkan digitalisasi pada level UMKM agar bisa terus bergerak,” imbuh Marutha.(//)


Komentar