oleh

Bentuk Kepedulian Terhadap Kondisi Pertahanan Negara, UAS Ajak Masyarakat Patungan Beli Kapal Selam

JAKARTAUstadz Abdul Somad atau sering disapa UAS membuat gerakan untuk mengajak masyarakat patungan membeli kapal selam sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi pertahanan negara.

Hal ini diungkapkan UAS di akun Instagram resminya, ustadzabdulsomad_official, seperti dilihat detikcom pada Senin (26/4/2021). UAS mengunggah foto KRI Nanggala-402 dan menyertakan berisi ajakan donasi itu dua jam sebelumnya, Rabu (28/04/2021) dikutip melalui detikcom.


Adapun yang mengetuk Ustad satu ini sebagai bentuk rasa prihatin dan kepeduliannya atas kondisi pertahanan di negeri ini. Hingga ia mengutarakan keoada masyarakat untuk dapat patungan membeli kapal selam pengganti KRI Nanggala-402, yang tenggelam di perairan Bali. UAS menggandeng Masjid Jogokariyan Yogya dalam kegiatan donasi ini.

Diungkapkan UAS, dengan ajakannya ke seluruh warga Indonesia memberikan sumbangsih untuk membangun kekuatan militer laut. Dia juga menyertakan nomor rekening yang digunakan untuk menampung donasi tersebut.

“Setelah KRI Nanggala 402 beserta seluruh awaknya yang gugur syahid menjalani ‘Eternal Patrol’, mari kita seluruh rakyat Indonesia, bahu-membahu mengulurkan tangan dan sumbangsih membangun kekuatan armada laut kita agar kembali berjaya. Kami dari Masjid Jogokariyan, mengajak seluruh putra-putri Indonesia yang berjiwa patriot dan cinta negeri ini, beramal bersama dalam Open Donasi Patungan Penggalangan Dana Pembelian Kapal Selam Pengganti Nanggala 402,”ungkap UAS.

Diajakannya, UAS juga mencantumkan no rekening khusus pengadaan kapal selam.

“No Rekening Khusus Pengadaan Kapal Selam BSM/BSI no.rek 7202002298 atas nama Masjid Jogokariyan. Konfirmasi via WhatsApp ke: 081311351136,”ajaknya.

Namun siapa yang menduka ide pembelian kapal selam ini semula muncul dari anak-anak TPA di Masjid Jogokariyan DI Yogyakarta.

“Awal mula kami berdiskusi untuk memberikan sumbangan bagi keluarga dari awak kapal. Di sela diskusi ada anak-anak yang tanya kalau beli kapal selam sekalian berapa? Saya bilang harga kapal selam terakhir dari PT PAL Alugoro itu hanya Rp 1,5 triliun. Sangat bisa jika semua masyarakat terketuk” tutur Ketua Dewan Syuro Takmir Masjid Jogokariyan M Jazir Asp ditemui wartawan di kompleks Masjid Jogokariyan, Selasa (27/4/2021).

Dijelaskan, Jazir saat itu anak-anak TPA di Himpunan Anak-anak Masjid (Hamas) langsung menggalang dana di pasar sore Kampung Ramadhan Jogokariyan. Di sana, hanya dalam waktu sekitar dua jam, terkumpul Rp 6,5 juta.

Baru setelah mendapatkan respons positif dalam sesore itu, Takmir Masjid Jogokariyan membuka rekening pada Senin (26/4/2021). Mereka upload dan mendapatkan tanggapan positif. Salah satunya dai Ustaz Abdul Somad.

“Respons masyarakat terhadap penggalangan dana ini cukup tinggi. Dari pembukaan rekening pada Senin siang, sampai Selasa siang (27/4/2021) sudah terkumpul Rp 360 juta. Mudah-mudahan sore ini sudah Rp 400 juta,”pungkasnya.


Komentar