oleh

Antisipasi Bencana dan Tingkatkan kemampuan Personil, Brimob Polda Sumsel Latihan Gabungan SAR

PALEMBANG Mengingat provinsi Sumatera Selatan pada akhir akhir ini sering dilanda Hujan dan tidak menutup kemngkinan bencana banjir tersebut kembali melanda, Brimob Polda Sumsel mengadakan pelatihan SAR Gabungan bersama Dit Pol Airud dan TNI AL Palembang dalam rangka meningkatkan kemampuan SAR bagi setiap personil khususnya Brimob Polda Sumsel, Rabu (17/03/2021).

Diketahui, Kemampuan SAR ini sangat diperlukan apalagi mengingat kejadian bencana alam sewaktu waktu bisa terjadi, sehingga kesiapsiagaan SAR harus ditingkatkan. Latihan personel Brimob tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan SAR guna kesiapsiagaan menghadapi kemungkinan terjadi bencana. Pada kegiatan kali ini materi yang diberikan yaitu cara pengoprasian perahu karet yang digunaakan pada saat evakuasi korban pada bancana banjir.


Latihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada setiap anggota Brimob Polda Sumsel akan cara pengoprasian perahu karet, sehingganya setiap personil Brimob Polda Sumsel bisa mahir dalam pengoprasian perahu karet dan dapat menunjang kemampuan personil tersebut dalam tugas dilapangan.

Dalam kesempatan ini, Dansat Brimob Polda Sumsel Kombes Pol Yudo Nugroho Sugianto, S.I.K sebagai Inspektur Upacara menyampaiakan Latihan ini juga guna meningkatkan Sinergitas antara sesama anggota TNI – POLRI dalam bertugas dilapangan, dengan di adakannya latihan ini agar terbetuknya jiwa kemanusian terhadap kepada masyarakat sewaktu bertugas dilapangan.

“Selain itu latihan ini juga bertujuan untuk mengasah kemampuan Brimob Sumsel dalam hal SAR sehingga siap untuk menghadapi tantangan tugas kedepannya, dan juga tidak ada rasa ragu dalam menghadapi semua tugas-tugas yang akan datang terutama pada tantangan tugas yang berhubungan Dengan Serch And Rescue,”ungkapnya.

Masih kata Dansat Brimob Polda Sumsel, Latihan seperti ini rutin dilakukan untuk meningkatkan kemampuan setiap anggota brimob sumsel sehingga siap dan sigap dalam menghadapi tantangan tugas di wilayah hukum Polda Sumatera Selatan.

 

“Dengan latihan ini diharapkan anggota kita dapat siap dan sigap dalam menghadapi segala tantangan yang ada dalam setiap tugas,” harapnya.

Sementara itu, AKP Tony Saputra, S.I.K selaku Kasubbag Dalops yang turut hadir dalam kegiatan ini mengatakan bahwa sasaran ini untuk mengasah kemampuan anggotanya.

” Sasaran latihan ini adalah untuk melatih dan mengasah setiap kemampuan SAR yang dimiliki oleh personil Brimob Sumsel dan untuk menjaga ketahanan fisik personil dalam proses evakuasi korban banjir serta untuk sarana mendidik, melatih personil agar paham akan tugas popok masing masing dan lebih profesional” tuturnya.

Terakhir, Tony menyampaikan dalam latihan ini juga berbagai teknik yang dilahirkan.

“Latihan ini mengajarkan teknik evakuasi dan penyelamatan korban di perairan dan cara pengoprasian perahu karet berdasarkan SOP yang berlaku untuk mengurangi kesalahan prosedural dalam penanganan korban,”pungkasnya. (****)


Komentar