oleh

Antisipasi Bencana, Brimob Sumsel Gelar Latihan Penanganan Karhutla Bersama

MUARA ENIM-Gerak cepat Satbrimob Polda Sumsel dalam antisipasi Bencana Karhutla khususnya di wilayah Sumatera Selatan dengan menggelar latihan bersama penanganan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) di Mako Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sumsel, Selasa (23/03/2021).

Latihan bersama penanganan Karhutla yang digagas oleh Dansat Brimob Polda Sumsel Kombes Pol Yudo Nugroho Sugianto, Sik ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari dengan melibatkan gabungan personel TNI Polri, Manggala Agni dan BPBD Prov. Sumsel.


Latihan penanganan karhutla diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin inspektur Upacara Wadansat Brimob Akbp Teguh Hardiyo Wibisono, Sik dan dilanjutkan penyampaian materi latihan dari instruktur BPBD Prov Sumsel dan Manggala Agni di Aula Mako Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sumsel

Program Latihan penanganan karhutla merupakan salah satu program Satbrimob Polda Sumsel yang dilaksanakan setiap tahunnya, mengingat potensi bencana Karhutla di musim kemarau tersebut sering terjadi di wilayah Sumatera Selatan.

Harapan Dansat Brimob Kombes Pol Yudo bahwa dengan dilaksanakan latihan gabungan ini Tim gabungan sudah memiliki kesamaan persepsi dalam melaksanakan tugas penanganan Karhutla yang sewaktu-waktu terjadi di wilayah Sumatera Selatan.

“Latihan gabungan yang dilaksanakan diharapkan dapat menambah pengetahuan serta gambaran cara bertindak dalam tugas dilapangan yaitu penanganan karhutla yang sewaktu-waktu dapat terjadi dimusim kemarau” ujar Dansat Brimob Kombes Pol Yudo.

Tujuan latihan ini juga meningkatkan sinergitas TNI Polri, Manggala Agni dan BPBD Prov. Sumsel dan melatih kesiapsiagaan seluruh personel dalam menghadapi dan mengatasi kemungkinan adanya bencana karhutla di wilayah Sumatera Selatan.

Latihan ini sangat penting, pasalnya selain untuk melatih kesiapsiagaan personel, juga untuk mengasah kemampuan sehingga tugas dilapangan dapat dilaksanakan secara professional.

“Dalam latihan ini diharapkan adanya persamaan persepsi pola tindak dilapangan dalam penanggulan karhutlah, dan akhir kita selalu berdoa kpd Allah SWT agar bencana karhutla diwilayah sumatera selatan tidak terjadi” ujar wadansat brimob AKBP TEGUH HARDIYO WIBISONO, Sik.(rls).


Komentar