oleh

Jaga Kelangkaan Stok Darah Dimasa Pandemi, Imigrasi Muara Enim Gelar Donor Darah

MUARA ENIM Dalam rangka menjaga ketersediaan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Muara Enim masa Pandemi COVID-19, Kantor Imigrasi Kelas ll Non TPI Muara Enim bekerjasama dengan PMI Muara Enim laksanakan donor darah kepada seluruh pegawai kantor Imigrasi Muara Enim, Jumat (5/2/2021).

Kepala Imigrasi Muara Enim Made Nurhepi Juniarha SH MAP didampingi Kasi Humas Imigrasi Muara Enim Deni Hardianto mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian dari kantor Imigrasi Muara Enim kepada masyarakat di Kabupaten Muara Enim dalam rangka memenuhi ketersediaan stok kelangkaan darah yang ada PMI Muara Enim.


” Seperti kita ketahui, di masa pandemi COVID-19 ini ketersediaan darah di PMI sangat minim, untuk pasien di RSUD, jadi dengan adanya kegiatan yang kami lakukan ini. Harapan kkit dapat mampu menjaga ketersediaan stok dari kelangkaan darah di PMI Muara Enim,”ungkap Made.

Dijelaskan Made, jumlah donor darah yang dapat di berikan dari pegawai Imigrasi Muara Enim ke PMI Muara Enim pihaknya ditargetkan maksimal 30 kantong darah, dari pegawai Imigrasi Muara Enim maupun dari masyarakat pemohon yang hendak membuat paspor.

“Tentunya harapan kita dengan adanya kegiatan donor darah yang di lakukan ini dapat menumbuhkan rasa empati kepada seluruh masyarakat yang lainya. dalam menyebarkan luaskan kebaikan membantu sesama masyarakat, yang membutuhkan darah di masyarakat di Kabupaten Muara Enim,” ujarnya.

Dikatakannya juga bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan rutin oleh Imigrasi Muara Enim.

” Kegiatan yang kami laksanakan ini, akan kami lakukan secara rutin manimal 3 bulan sekali, bekerjasama dengan PMI Muara Enim dalam menjaga ketersediaan stok darah di PMI Muara Enim, dan untuk terkait Vaksinasi, Kami seluruh Pagawai Kantor Imigrasi Muara Enim menegaskan, siap untuk di Vaksin,”jelasnya.

Sementara itu Suwardi (43) warga desa Mandala, Kelurahan Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim salah satu warga yang mengikuti donor darah di Kantor Imigrasi Muara Enim sangat mengapresiasi dan menyambut baik adanya kegiatan yang di lakukan Imigrasi tersebut.

Dirinya berharap, dari adanya kegiatan tersebut dapat di ikuti masyarakat yang lainya dalam membantu masyarakat yang membutuhkan kekurangan darah di PMI Kabupaten Muara Enim.

” Saya kebetulan ke sini dapat informasi ada kegiatan donor darah, ya jadi sekalian aja kebetulan mau ngurus permohonan paspor, juga melakukan donor darah,”terangnya.

Selanjutnya, ia mengutarakan bahwa dirinya juga sering melakukan donor darah untuk di berikan kepada masyarakat bagi yang membutuhkan melalui PMI.

” Kalau habis donor darah, badan saya itu terasa jadi ringan dan fres, maka saya juga rutin donor darah, saya juga mengajak masyarakat lainya, yok kita donor darah dan jangan takut untuk berdonor darah karena bisa sehat dan menjadi ladang jariyah kita,”ajaknya.

Sementara itu, Haris ketua Markas PMI Muara Enim menjelaskan, kegiatan bersama Imigrasi tersebut merupakan dalam rangka permintaan pihaknya saat ini yang kekurangan stok darah di PMI Muara Enim kelangkaan darah keengganan masyarakat untuk melakukan donor darah saat pendemi COVID-19.

Sehingga, mereka mengusulkan menyurati seluruh kantor di Pemkab Muara Enim untuk melakukan donor darah dalam rangka menjaga ketersediaan darah di PMI Muara Enim.

” Kami berharap, kepada masyarakat jangan takut untuk berdonor darah, karena selain badan dapat sehat juga dapat menjadi ladang amal bagi yang mendonorkannya,”pungkasnya.

 

Laporan:  Deri Zulian


Komentar