oleh

407 Ribu Masyarakat Muara Enim Akan Divaksin, Sepuluh Orang Pertama Bupati Hingga Ketua PWI Divaksin Perdana

MUARA ENIM Pemberian vaksin pada program vaksinasi Covid-19 tahap pertama dengan sasaran tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Muara Enim akan dimulai pada pekan depan. Sebanyak 10 orang akan mengawali sebagai penerima vaksin pertama.

Mereka dari perwakilan berbagai elemen dan instansi pemerintah. Setelah itu baru bergulir kepada para tenaga kesehatan (nakes).


Sepuluh orang itu yakni Bupati Muara Enim, Ketua DPRD Muara Enim, Kapolres Muara Enim, Dandim 0404 Muara Enim, Kajari Muara Enim, Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim, Ketua Pengadilan Agama Muara Enim, Kepala Kementerian Agama Muara Enim, Ketua PWI Muara Enim dan Perwakilan Pemuda Publis.

“Sebentar lagi Muara Enim akan melaksanakan vaksinasi Covid-19. Vaksin ini sangat penting sebagai langkah memutus rantai Covid-19,” ujar Bupati Muara Enim H Juarsah SH saat memimpin rapat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di wilayah Kabupaten Muara Enim bersama unsur Forkopimda, Kamis (28/1/2021).

Dalam persiapan pertama, kata dia, dalam penjemputan vaksin sebanyak 5960 vial di Palembang, Jumat (29/1).

“Saya meminta jajaran Polres Muara Enim mendampingi Dinas Kesehatan dan mengawal pengambilan vaksin di provinsi untuk di distribusikan di Kabupaten Muara Enim, supaya dalam perjalanan tidak ada hambatan apapun,” ungkapnya.

Kemudian persiapan pelaksanaan sosialisasi agar diketahui masyarakat umum bahwa Pemerintah Kabupaten Muara Enim akan segera melaksanakan vaksin dan akan diikuti kegiatan launching pelaksanaan vaksin sebanyak 10 orang akan mengawali sebagai penerima vaksin pertama. Kemudian baru bergulir kepada para nakes.

“Termasuk saya orang nomor satu yang akan di vaksinasi berikut forkompimda tokoh pemuda dan Ketua PWI. Saya ucapan terima kasih kepada rekan-rekan media yang selalu memberikan informasi perkembangan Covid-19 di Kabupaten Muara Enim,”jelasnya.

Lanjutnya, 407.000 masyarakat Kabupaten Muara Enim juga segera mendapatkan vaksinasi agar terbebas dari virus Covid-19 dan bisa beraktivitas sebagaimana biasa.

“Saya tegaskan tidak usah ada keraguan baik masyarakat maupu nakes yang akan melaksanakan vaksinasi,” lanjutnya.

Nantinya vaksin tersebut, kata dia, akan dilebih diutumakan untuk masyarakat mulai dari umur 19 tahun sampai 59 tahun.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muara Enim, Vivi Mariani menambahkan program vaksinasi di Kabupaten Muara Enim akan dilaksanakan di 28 titik tersebar diseluruh Kecamatan se-Kabupaten Muara Enim.

 

Kepala Dinas Kesehatan Muara Enim Vivi Maryani

 

“Kami menyiapkan sebanyak 28 titik lokasi pemberian vaksin yakni diseluruh puskesmas dan Rumah Sakit,”terangnya.

Lanjut Vivi, vaksin akan diberikan sebanyak 2 kali dosis untuk tiap penerima dengan dua tahap. Terkait sasaran vaksin Covid-19, lanjut Vivi, berdasarkan penetapan prioritas dengan ketersediaan vaksin, penduduk dan wilayah berisiko atau sesuai roadmap pelaksaan vaksinasi Covid-19 Kementrian Kesehatan RI.

Kemudian diterangkan Vivi, adapun kelompok prioritas yakni garda terdepan, medis dan paramedis, tracing, pelayanan publik termasuk TNI/Polri serta aparat hukum. Lalu masyarakat seperti tokoh agama, perangkat daerah serta sebagian pelaku ekonomi.

“Kemudian seluruh tenaga pendidikan, aparatur pemerintah, serta peserta BPJS PBI,”urainya.

Pihaknya berharap masyarakat Kabupaten Muara Enim mendukung pelaksaan vaksinasi Covid-19 sehingga berjalan sesuai rencana pemerintah. Vaksinasi Covid-19 tersebut, kata dia, selain bertujuan menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19, juga untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) guna mencegah dan melindungi kesehatan masyarakat.

“Serta untuk melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh dan menjaga produktifitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi,”pungkasnya.


Komentar