oleh

Tim Tapak Suci UIN Raden Fatah Palembang, Tampilkan Keahlian Secara Virtual ke Maba

PALEMBANG Tim Tapak Suci UIN Raden Fatah Palembang, mempunyai cara unik pada kegiatan inagurasi Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK) 2021. Kegiatan yang dilakukan dalam bentuk virtual di masing-masing unit kegiatan mahasiswa. Salah satunya kegiatan Tapak Suci Cabang UIN Raden Fatah.

“Karena saat ini masa pandemi, kami mengikuti arahan Kampus agar PBAK dilakukan secara online,” ujar Pengurus UKMK Tapak Suci UIN Raden Fatah, M.Syamil Yanuardi, Jum,’at (19/8/2021) pada media ini.


Ditambahkan juga oleh, Juleo selaku ketua umum UKMK Tapak suci UIN Raden Fatah Palembang, bahwa seluruh organisasi internal dan external mahasiswa di UIN RAFA Palembang melakukan perkenalan terkait profil organisasi.

“Kita dari semua organisasi yang ada memperkenalkan profilnya kepada mahasiswa baru (Maba) 2021. Jika sebelum pandemi pertunjukan setiap organisasi mahasiswa disaksikan secara langsung oleh mahasiswa baru, saat ini pertunjukan tersebut menggunakan online live di chanel youtube. Dan hanya sebagian Mahasiswa baru yg diundang untuk hadir secara langsung mewakili jurusan mereka masing masing,”bebernya.

Kemudian Juleo menerangkan, Perguruan Tapak suci telah menyebar di berbagai wilayah Nasional dan internasional,di setiap penjuru Nusantara pasti ada perguruan seni beladiri Indonesia Tapak suci.

” Perguruan Tapak suci ini sudah da dimana-mana dan perguruan ini dilandasi Al-Qur’an dan Sunah, serta AD & ART tapak suci yg sesuai dengan pergerakan Dakwah Amar ma’ruf nahi Munkar,telah banyak menciptakan kader-kader yang militan dan berperan penting dalam sendi sendi masyarakat,”terangnya.

Dijelaskannya juga penyebarluasan perguruan Tapak suci di dunia kurang lebih 18 negara.

“Adapun sebaran Perguruan Tapak Suci sampai saat ini ada dibeberapa negara lain diantaranya Mesir,Sudan,al-jazaer,Belanda,Australia,Pakistan ,Jerman dan masih banyak yg lainnya,”pungkasnya..

Diketahui, UKMK Tapak Suci UIN Raden Fatah Palembang berdiri pada tahun 2004 didirikan Oleh Para Alumni Pondok Pesantren di Sumatera Selatan maupun di Jawa diantaranya Ustadz Dodi Hamdan, Alumni Pondok Moderen Gontor Darusalam dan sampai sekarang usia UKMK Tapak Suci UIN Raden Fatah Berusia 17 tahun.

Selama 17 tahun UKMK UIN Raden Fatah Palembang banyak pencapaian yang telah diraih prestasi yang di dapat dari tingkat kabupaten/kota/provinsi bahkan tingkat Nasional
Prestasi dimaksud diantaranya adalah kejuaraan OKI open Championship, juara 3 fighter kelas A putra, juara 1 dan 2 fighter kelas b putra putra juara 1dan 2 fighter kelas c putra , juara juara 3 kelas D putra,juara 2 kelas B putri , juara 2 kelas C putri , juara 1 kelas C putri.

Selain itu UKMK tapak suci pernah meraih penghargaan UKMK terbaik no.3 di tahun 2019 & penghargaan UKM & UKMK terbaik no. 5 tahun 2019 kejuaraan Bupati cup Banyuasin juara 3 kelas c putra dewasa, untuk tingkat kota pekan olahraga kota palembang (PORKOT) juara 2 kelas G putra. Pekan olahraga Kota Linggau dan Suara tara juara 1 kelas H putra. Tingkat nasional kejurnas Poltek Sriwijaya juara 3 A putra, juara 3 kelas b putra, juara 2 kelas d putri, Lampung International Championship, juara 2 kelas putra, juara 1 kelas H putra. (Marta Pujiono, S. Kom.I)

Perum GEMA

Komentar