oleh

Tim Penilai Lomba Perpustakaan Sumsel Sambangi SMKN 2 Muara Enim

MUARA ENIM Tim penilai lomba perpustakaan dari Dinas Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Selatan menyambangi Perpustakaan SMK Negeri 2 Muara Enim, Selasa (25/5/2021).

Kedatangan rombongan tim yang dikomandoi oleh Ketua Tim Asesor Asmawati ini didampingi Kadin Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Muara Enim Panca Surya Diharta serta Camat Muara Enim Safrudin.


Kepala SMKN 2 Muara Enim Ahmad Jon Areli mengatakan, keikutsertaan SMKN 2 Muara Enim pada lomb perpustakaan ini ialah untuk meningkatkan fungsi dari keberadaan perpustakaan itu sendiri.

Salah satu inovasi perpustakaan SMKN 2 Muara Enim yakni gerobak baca

 

“Jika dulu perpustakaan itu dikenal hanya tempat membaca dan membosankan, kini kita ingin menjadikan perpustakaan tempat yang nyaman dan menyenangkan sehingga minat baca juga meningkat,” kta Jon.

Dijelaskannya, sebelum terpilih sebagai salah satu wakil dari Kabupaten Muara Enim, perpustakaan SMKN 2 Muara Enim lebih dahulu telah mendapat penilaian dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muara Enim.

“Alhamdulillah, kita bersama SMAN 1 Gelumbang terpilih untuk mewakili Muara Enim. Semoga apa yang telah kita lakukan mendapat hasil yang baik dan memuaskan,” tukasnya.

Ketua Tim Asesor lomba Perpustakaan tingkat SLTA Sumsel, Asmawati menjelaskan, lomba perpustakaan ini diikuti oleh SLTA yang ada di 17 kabupaten/kota di Sumsel. Nantinya, kata Asmawati, perpustakaan terbaik yang terpilih akan mewakili Provinsi Sumatera Selatan dalam lomba tingkat nasional.

“Untuk itu, kita ke lapangan untuk memverifikasi kelengkapan perpustakaan dan memvalidasi data yang telah dikirim. Semua perpustakaan yang diikutsertakan adalah yang baik, namun nanti akan kita pilih yang tebaik,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Asmawati juga menegaskan, jika para asesor akan melakukan penilaian dengan jujur dan adil.

“Kita tegaskan tidak ada indikasi macan-macam, semua penilaian yang dilakukan demi nama baik Provinsi Sumatera Selatan,” pungkasnya.

Pantauan di lapangan, beberapa inovasi yang telah dilakukan oleh Perpustakaan SMKN 2 Muara Enim diantaranya pojok baca, penggunaan teknologi untuk mnajemen peminjaman buku serta sistem jemput bola pembaca dengan menghadirkan angkong baca, gerobak bca, ambung baca dan sepeda baca.(//)


Komentar