SMARTIZEN – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 4 dari Universitas Serasan Muara Enim mengadakan penyuluhan mengenai dampak positif dan negatif penggunaan gadget pada anak di SD Negeri 9 Ujan Mas. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja individu kuliah kerja nyata yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi tentang penggunaan gadget secara bijak.
Penyuluhan yang dipimpin oleh Penanggung Jawab kegiatan, Rini Oktriana, dihadiri oleh sekitar 60 siswa dari kelas 1 hingga kelas 6. Acara dimulai dengan pemaparan mengenai definisi gadget, dampak positif gadget, dan dampak negatif gadget. Berikut poin-poin utama materi penyuluhan yang disampaikan:
1. Definisi Gadget
– Menurut Derry, gadget merupakan sebuah perangkat atau instrumen elektronik yang memiliki tujuan dan fungsi praktis untuk membantu pekerjaan manusia. Sedangkan menurut Manumpil, gadget adalah alat teknologi yang berkembang pesat dan memiliki fungsi khusus seperti smartphone, iPhone, dan Blackberry. Jadi, bisa disimpulkan bahwa gadget adalah alat elektronik dengan fungsi khusus yang membantu pekerjaan manusia dan mudah dibawa ke mana-mana.
2. Dampak Positif Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Sekolah Dasar
– Bidang Pendidikan: Gadget dapat digunakan sebagai sarana belajar online yang memudahkan akses informasi dan pembelajaran.
– Sarana Kreativitas: Anak-anak dapat mengembangkan kreativitas melalui berbagai aplikasi kreatif yang ada di gadget.
– Interaksi Sosial: Melalui gadget, anak-anak dapat berinteraksi dengan teman-teman mereka meskipun dalam jarak yang jauh.
– Pengembangan Kemampuan Teknologi: Penggunaan gadget dapat membantu anak-anak memahami teknologi modern sejak dini.
3. Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Sekolah Dasar
– Kecanduan Gadget: Anak-anak dapat menjadi kecanduan gadget yang berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental mereka.
– Kurangnya Aktivitas Fisik: Penggunaan gadget yang berlebihan dapat menyebabkan anak kurang bergerak dan beraktivitas fisik.
– Konten Tidak Sesuai: Anak-anak rentan terhadap konten yang tidak sesuai untuk usia mereka yang dapat berdampak buruk pada perkembangan mereka.
– Gangguan Tidur: Penggunaan gadget sebelum tidur dapat mengganggu pola tidur anak yang dapat berdampak pada kesehatan mereka.
Penyuluhan ini juga melibatkan simulasi dan permainan edukatif yang membuat siswa lebih memahami materi yang disampaikan. Selain itu, sesi tanya jawab diadakan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbagi pengalaman dan mendapatkan solusi atas masalah yang mereka hadapi.
Kepala Sekolah SD Negeri 9 Ujan Mas, Ibu Hardiana, mengapresiasi inisiatif mahasiswa KKN dalam menyelenggarakan kegiatan ini.
“Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswa Universitas Serasan Muara Enim atas penyuluhan yang sangat bermanfaat ini. Semoga dengan adanya kegiatan ini, siswa-siswi kami menjadi lebih paham tentang dampak positif dan negatif penggunaan gadget,” ujarnya.
Acara ditutup dengan pembagian hadiah kepada siswa-siswi yang telah berpartisipasi bertanya dan menjawab pertanyaan tentang gadget, dilanjutkan dengan foto bersama.
Mahasiswa KKN berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dan menginspirasi siswa untuk selalu menggunakan gadget secara bijak dan menjaga sikap serta perilaku yang baik terhadap sesama.(//)
Komentar