oleh

Bersama Ketua MA, Herman Deru isi Kuliah Umum di UIN Raden Fatah

PALEMBANG Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru berharap para sarjana hukum Islam UIN Raden Fatah Palembang bisa memberikan kontribusi yang baik untuk masyarakat.

“Saya berharap, UIN terus menjadi inspirasi bagi fakultas hukum lainnya dalam penerapan pembelajaran Hukum pidana Islam (fiqh jinayah) merupakan syariat Allah SWT yang mengatur ketentuan hukum mengenai tindak pidana atau perbuatan kriminal yang dilakukan oleh orang-orang mukallaf (orang yang dapat dibebani kewajiban), sebagai hasil dari pemahaman atas dalil-dalil hukum yang terperinci dari Al Qur’an dan Hadist ,” harapnya pada saat memberikan kuliah umum Fakultas Syari’ah dan Hukum Islam UIN Raden Fatah Palembang secara virtual di Command Center Kantor Gubernur, Rabu (03/11/21).


Dia menjelaskan, Sumsel sendiri sebagian besar dihuni oleh masyarakat Muslim. Berbagai aspek hukum Islam yang berkaitan kehidupan sehari-hari harus terus dikampanyekan.

“Dalam kesempatan ini saya mengajak mahasiswa yang menekuni hukum pidana Islam untuk terus belajar dan menggali ilmu. Sehingga menjadi sarjana berkompeten dan memberikan kontribusi positif bagi terwujudnya hukum pidana Islam yang inovatif, kreatif dan produktif,” harapnya.

Herman Deru turut mengucapkan terimakasih kepada Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, SH., MH yang berkesempatan memberikan kuliah umum pada Fakultas Syariah dan Hukum UIN Raden Fatah Palembang.

“Tentu materi yang diberikan bermanfaat bagi mahasiswa dan civitas akademika UIN Raden Fatah Palembang,” ujarnya.

Selain sebagai putra asli Sumsel, ungkap Herman Deru, kehadiran Ketua MA RI dapat memberikan motivasi bagi mahasiswa untuk bisa bekerja keras yang diiringi doa untuk mewujudkan kesuksesan.

“Kiprah alumni hukum UIN Raden Fatah diharapkan mampu memberikan kontribusi baik bagi Sumsel maulun level nasional,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si mengatakan, keliah umum ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan bagi mahasiswa dan civitas akademi UIN Raden Fatah.

“Kita turut menghadirkan Ketua MA RI untuk menjadi narasumber dan memberikan motivasi bagi para mahasiswa dan dosen,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Nyayu mengucaplan terimakasih kepada Gubernur Sumsel, Herman Deru katena telah berkenan hadir dan memberikan sambutan dalam kuliah umum Fakultas Syariah dan Hukum.

“Kita berharap, keinginan Pak Gubernur Sumsel, Herman Deru bisa terwujud. Alumni UIN dari jurusan Hukum Islam bisa berkiprah di level lokal maupun nasional,” tegasnya.

Turut hadir Ketua MA RI, Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, SH., MH, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. H. Romli, SA., M.Ag dan para peserta kuliah umum.**

Perum GEMA

Komentar