oleh

Pemuda Muhamdiyah Siap Kawal EBT

PALEMBANG Pengurus daerah Pemuda Muhammadiyah kota Palembang menggelar Workshop EBT (Energi Baru Terbarukan), Selasa (23/3/2021).

Ketua Panitia workshop EBT yang juga wakil ketua PDPM kota Palembang Yadi Febri bahwa kegiatan ini dimulai pukul 10.00 WIB yang dibuka Langsung oleh Pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Palembang Basyaruddin.


“Kegiatan workshop ini dibuka langsung oleh ayahanda PWPM yang mana pesertanya berjumlah 60 Orang dengan pembicara Kombes Pol Ratno Kuncoro Sik Msi, Ruspanda Karibullah ST Anggota DPRD Kota Palembang, Ir Erna Yuliwati P hD Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Kota Palembang dan Dr Ariyansyah MT Kabid Energi ESDM Sumsel,”ungkapnya.

Lanjut Yadi, dari kegiatan ini panitia mengambil kesimpulan dari ke-4 Narasumber tersebut yaitu bahwa sudah seharusnya kita secepat mungkin mempersiapkan serta melakukan penggunaan EBT, Guna Mengantisipasi Ketergantungan Pada energi Fosil yang produksi setiap tahunnya terus menurun dan akan habis.

“Maka itu PDPM Kota Palembang harus bergerak cepat guna mempelopori pemanfaatan energi baru dan terbarukan dengan menjalin sinergisitas dengan beberapa komponen dan pihak terkait supaya misi baik ini segera melahirkan karya,” lanjutnya.

 

Dapat disimpulkan, kata Yadi bahwa workshop Energi Baru Terbarukan ini melahirkan kesadaran bagi kita untuk bersiap transisi dari energi fosil ke energi baru terbarukan. Karena cadangan Energi tidak terbarukan kian menipis dan akan habis.

“PD Pemuda Muhammadiyah Kota Palembang melalui Bidang ESDM akan segera mengevaluasi dan akan melaksanakan Rencana tindak Lanjut yang Kongkrit,” tegasnya.

Sedangkan narasumber Dr Aryansyah MT memberikan rekomendasi kepada panitia atau PD Pemuda Muhammadiyah Kota Palembang untuk segera mungkin ambil bagian dalam pengembangan EBT di Sumsel dengan mengajukan proposal untuk bekerjasama.

“Saatnya PDPM Kota Palembang ambil bagian dalam pengembangan EBT ini,” terangnya.

Ditambahkan narasumber lainnya Yuli Ernawati PhD pada kesempatan itu, ia menawarkan kemitraan dengan PD Pemuda Muhammadiyah Palembang untuk penelitian dalam pengembangan EBT.

“Ada Program internal Pemuda Muhammadiyah dalam bidang teknologi & lingkungan,” ajaknya.

Semantara, Ruspanda Karibullah ST selaku Anggota DPRD Palembang mengajak pemuda Muhammadiyah Palembang untuk mengawal serta ikut langsung dalam pemanfaatan EBT ini.

 

“Mari kita kawal panfaatannya dan jangan sampai stop atau cukup sampai dsini dan ini harus berlanjut,” pungkasnya. (Ril)


Komentar